Jumat, 28 Desember 2012

Mengomentari Pendapat Narasumber


Kemampuan apa yang harus kamu kuasai?
Setelah mempelajari materi dalam kompetensi dasar ini kamu diharapkan dapat:
1. menyatakan informasi yang tersirat dalam dialog interaktif
2. mengomentari pendapat masing-masing narasumber
Pada pembelajaran yang lalu kamu sudah mengikuti dialog interaktif tentang pemerintahan, mencatat hal-hal penting isi dialog, dan menyimpulkan isinya. Pada pembelajaran ini kamu diajak kembali untuk mendengarkan dialog interaktif seputar olahraga. Banyak informasi tersirat yang disampaikan narasumber dalam dialog. Tak jarang informasi tersirat itu justru menjadi salah satu informasi penting yang harus dicatat. Untuk itulah kamu diajak untuk menemukan informasi tersirat dalam dialog kemudian memberikan komentar terhadap informasi yang disampaikan narasuber.

Menyatakan Informasi Tersirat dalam Dialog Interaktif

Pendapat narasumber dalam dialog ada kalanya berupa informasi tersirat. Informasi tersirat adalah informasi yang tersembunyi dibalik informasi lain. Informasi tersirat merupakan informasi yang secara implisit terkandung dalam sebuah informasi tertentu. Pendengar atau pemirsa dapat menemukan sendiri informasi tersirat itu dengan menganalisis informasi tersurat.
Simak baik-baik dialog interkatif yang akan diperdengarkan oleh Bapak atau Ibu guru. Simakan dialog juga dapat dilakukan dengan memerankan transkrip dialog interaktif yang terdapat dalam lampiran buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar