Kamis, 27 Desember 2012

Prose Pembuatan Batik Tulis

Proses Pembuatan Batik Tulis

 
 
Menurut sejarahnya, batik berasal dari zaman nenek moyang yang dikenal sejak abad ke-17 yang ditulis dan dilukis pada daun lontar. Pada zaman tersebut, motif batik yang terkenal adalah motif hias binatang dan tumbuhan.

Menurut proses pembuatannya, tehnik membatik dibedakan menjadi batik tulis, batik printing, dan batik cap. Berikut ini adalah proses pembuatan batik tulis:

Alat- alat yang diperlukan:
  • Canting --> canting adalah alat untuk membatik. Biasanya terbuat dari bahan tembaga yang ujungnya menyerupai paruh burung
  • Gawangan --> adalah tempat untuk meletakkan kain yang akan dibatik. Gawangan dapat terbuat dari kayu atau bambu
  • Wajan --> berupa wajan kecil untuk mencairkan malam atau lilin. Wajan ini bisa terbuat dari tembaga atau tanah liat
  • Anglo / kompor kecil--> digunakan untuk memanaskan wajan
  • Malam/lilin --> malam batik terbuat dari campuran berbagai jenis bahan yang berupa gondorukem, lemak minyak kelapa, dan parafin
  • Bahan pewarna --> biasa juga disebut sebagai wedel atau tom

Proses pembuatan batik tulis:
  1. Siapkan kain, buat motif diatas kain dengan menggunakan pensil
  2. Setelah motif selesai dibuat, sampirkan kain pada gawangan
  3. Nyalakan kompor/anglo. Taruh malam/lilin ke dalam wajan dan panaskan wajan dengan api kecil sampai malam mencair sempurna. Biarkan api tetap menyala kecil
  4. Mulailah membatik dengan cara ambil sedikit malam cair dengan menggunakan canting, tiup-tiup sebentar biar tidak terlalu panas, kemudian goreskan canting dengan mengikuti motif yang telah ada. Hati-hati jangan sampai malam yang cair menetes diatas permukaan kain karena akan mempengarufi hasil motif batik
  5. Setelah semua motif tertutup malam, maka proses selanjutnya adalah proses pewarnaan
  6. Siapkan bahan pewarna di dalam ember, kemudian celupkan kainnya ke dalam larutan pewarna dengan menggunakan kuas, ulangi sampai beberapa kali.
  7. Tahap selanjutnya adalah proses penghilangan lilin batik dengan cara pengerakan dan melarod
  8. Tahap terakhir dari proses pembuatan batik ini adalah proses pencucian dan penjemuran. 

  9. Pencarian Terbaru (100)
    Cara membuat batik tulis. Cara membatik. Proses pembuatan batik tulis. Cara membuat batik. Proses pembuatan batik. Cara pembuatan batik tulis. Proses membatik.
    Cara pembuatan batik. Cara membatik tulis. Pembuatan batik tulis. Teknik batik tulis. Proses membuat batik. Teknik pembuatan batik tulis. Proses membuat batik tulis.
    Proses membatik tulis. Langkah langkah membuat batik tulis. Teknik membatik. Langkah langkah membatik. Proses batik tulis. Teknik batik. Teknik pembuatan batik.
    Proses produksi batik. Alat dan bahan pembuatan batik. Bahan batik tulis. Teknik membatik tulis. Bahan pembuatan batik. Teknik membuat batik tulis. Teknik membuat batik.
    Bahan membatik. Langkah langkah membatik tulis. Membuat batik tulis. Langkah langkah pembuatan batik tulis. Cara membatik dengan canting. Alat dan bahan pembuatan batik tulis. Pembuatan batik.
    Proses pembuatan batik cap. Proses pewarnaan batik. Cara membatik kain. Motif batik indonesia. Cara membuat batik beserta gambarnya. Langkah membatik. Membatik tulis.
    Bahan untuk membatik. Tahapan pembuatan batik tulis. Tahap pembuatan batik tulis. Langkah membuat batik tulis. Gambar proses membatik. Gambar proses pembuatan batik. Langkah pembuatan batik tulis.
    Cara batik tulis. Tahap tahap pembuatan batik tulis. Tahapan membatik. Proses produksi batik tulis. Pengertian membatik. Alat dan bahan batik tulis. Membuat batik.
    Langkah langkah membuat batik. Proses membuat. Cara membuat batik cap. Tahap tahap pembuatan batik. Cara cara membatik. Proses batik. Cara pembuatan batik cap.
    Tehnik membatik. Alat dan bahan membuat batik. Pengertian batik tulis. Alat dan bahan membatik. Sejarah pembuatan batik. Cara cara membuat batik. Produksi batik.
    Video cara membatik. Bahan dan cara membuat batik. Tahapan tahapan pembuatan batik tulis. Cara cara membuat batik tulis. Peralatan batik tulis. Langkah langkah pembuatan batik. Cara membuat batik canting.
    Gambar proses membuat batik. Alat membuat batik. Bagaimana cara membuat batik tulis. Batik tulis dan cara pembuatannya. Bahan dan alat membatik. Gambar batik dan cara pembuatannya. Sketsa batik.
    Tahap pembuatan batik. Alat bahan dan cara membuat batik. Teknik dan cara pembuatan batik. Alat membatik. Bagaimana cara membatik. Cara buat batik tulis. Proses pembuatan membatik.
    Tahap tahap membuat batik tulis. Alat batik tulis. Bahan pembuatan batik tulis. Cara membuat batik dan gambarnya. Motif hias. Langkah pembuatan batik. Alat dan bahan untuk membatik.
    Alat dan cara membatik. Tahap tahap dalam membatik.
     

1 komentar: